746 Mahasiswa FTK UIN Alauddin Ikuti Pembekalan PLP l Secara Online dan Offline

  • 10 Maret 2021
  • 06:14 WITA
  • Administrator
  • Berita

Sebanyak 746 mahasiswa semester lV Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin mengikuti pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan atau PLP l secara online dan offline yang dipusatkan di gedung Pendidikan Profesi Guru (PPG), Sabtu, 6 Maret 2021 kemarin.

Acara ini dihadir pula dosen pembimbing dan guru pamong dari berbagai sekolah di Kabupaten Gowa dan Kota Makassar yang menjadi mitra FTK UIN Alauddin. Acara ini berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 alias virus Corona.

Dekan FTK, Dr Marjuni mengatakan, PLP ini dibagi menjadi dua tahap, tahap pertama mahasiswa akan dikirim ke sekolah-sekolah mitra untuk mengamati proses pembelajaran, mulai manajemen kelas, manajemen pembelajaran dan manajemen kesiswaan.

“PLP l hanya mengamati manajemen pengelolaan pembelajaran sehingga waktunya hanya 14 hari. Nanti PLP ll baru mahasiswa akan mengajar, tapi itu dilaksanakan pada semester Vll,” jelas Marjuni.

Kepada mahasiswa, guru pamong dan dosen pembimbing, Marjuni menekankan pentingnya pendidikan sebagai investasi bagi generasi muda. Oleh karenanya jadilah pengajar yang baik dan senantiasa menjunjung nilai-nilai akhlakul karimah.

“Jadilah dosen dan guru pamong yang peka terhadap kehidupan generasi muda, karena mereka akan hidup berbeda dengan zaman yang kita lalui, wa ruhul mudarrisi ahammu minal mudarrisi binafsihi, ruh seorang guru lebih penting dari pada diri seorang guru itu sendiri,” pesannya.

Mahasiswa PLP l ini rencananya diberangkatkan Senin, 15 Maret 2021, dan disebar di sejumlah sekolah yang ada di Kabupaten Gowa dan Kota Makassar. Tercacat ada 19 sekolah yang menjadi mitra FTK UIN Alauddin untuk pelaksanaan PLP mahasiswa.

Dari 19 itu, 2 Sekolah Madrasah Aliyah, 6 Sekolah Madrasah Tsanawiyah, 6 Sekolah Madrasah Ibtidaiyah, 1 Sekolah Dasar dan 4 untuk Sekolah Raudahtul Athfal.

Sumber:

https://sivitas.id/2021/03/746-mahasiswa-ftk-uin-alauddin-ikuti-pembekalan-plp-l-secara-online-dan-offline/