Dekan FTK UIN Alauddin Makassar Buka Sosialisasi Perpustakaan

  • 14 November 2021
  • 09:47 WITA
  • Administrator
  • Berita

Perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar melaksanakan “Sosialisasi” dengan tema Pendidikan Pemustaka. bagi para mahasisawa semester tiga dari 9 Program Studi yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Kegiatan ini berlangsung dalam rangkaian kegiatan Program Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi (PPSPT). Kegiatan berlangsung pada tanggal 12 November, Jum’at pukul 13.30 WITA sampai selesai bertempat di LT Barat FTK.

Kegiatan sosialisasi dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Bapak Dr. H. A. Marjuni, M.Pd.I. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa “perpustakaan sebagai sumber informasi dan tempat menyebarluaskan ilmu pengetahuan, perpustakaan perguruan tinggi merupakan jembatan program pendidikan di perguruan tinggi. Perpustakaan sebagai otak dari suatu institusi pendidikan selalu berperan aktif dalam mendukung segala kegiatan dalam menunjang ketercapaian dan percepatan mutu istitusi yang menaunginya”.

Lebih lanjut kepala Perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Muhammad Anwar. HM, menjelaskan bahwa “kegiatan Sosialisasi perpustakaan kepada mahasiswa ini sangat penting karena dapat membantu mahasiswa untuk menggunakan layanan dan fasilitas yang telah disediakan oleh perpustakaan.

Bagaimanapun juga perpustakaan menyediakan informasi yang dapat membantu mereka dalam kegiatan perkuliahan selama menempuh pendidikan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Dalam kegiatan sosialisasi ini, mahasiswa diberi penjelasan dan contoh tentang segala sesuatu yang ada di perpustakaan”.

Pemateri lainnya yaitu Fitriani, S.I.P., M.I.P dan Rahmawati Liwa, S.I.P., keduanya adalah pustakawan dan staf pada perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Materi yang disampaikan ialah regulasi dan peraturan yang ada di perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, tata cara penelusuran online, pemanfaatan Online Public Access Catalog (OPAC), pemanfaatan Repository, dan pengenalan berbagai sumber informasi lainnya.

Adapun yang bertindak sebagai moderator dalam kegiatan ini adalah Bapak Ramli, S.Ag yang juga merupakan salah satu pustakawan di perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Dengan adanya sosialisasi pemanfaatan perpustakaan ini, diharapkan mahasiswa mendapatkan informasi yang cukup jelas untuk menggunakan layanan perpustakaan secara optimal dan mandiri dalam menelusur informasi yang dibutuhkan.(ANW)

sumber: 

http://wartasulsel.net/2021/11/12/dekan-ftk-uin-alauddin-makassar-buka-sosialisasi-perpustakaan/