LPTK UIN Alauddin Review Soal Try Out PPG Bagi Peserta Retaker

  • 18 November 2021
  • 08:36 WITA
  • Administrator
  • Berita

Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) UIN Alauddin Makassar mereview soal try out Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKM PPG) bagi peserta yang belum lulus atau retaker angkatan 2018, 2019, dan 2021.

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid di Hotel Ramsy Makassar, Rabu, 17 November 2021. Peserta retaker hadir secara online, semenatara dosen LPTK sebagai instruktur secara offline bersama Kasubdit GTK Kementerian Agama RI, Dr Anis Maskur.

Mantan Kasi Kelembagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kemenag ini menekankan pentingnya strategi penguatan pendampingan mahasiswa sebelum uji pengatahuan. Kemudian, penyelesaian dan perubahan mainset peserta atau calon mahasiswa PPG.

“Kita juga perlu memberikan tips atau cara menjawab soal-soal penting secara cepat dan tepat kepada peserta,” ujar Dr Anis Maskur dalam sambutannya.

Sementara Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, Dr H A Marjuni, M Pd I menyampaikan bahwa proses PPG sampai tahap Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) tetap eksis. Ini menurutnya berkat dari sinegritas antar panitia nasional, tim Kemenag dan LPTK.

“Sehingga dapat mengantarkan guru-guru PAI meluluskan 68 persen mahasiswa PPG yang mengikuti Uji Pengetahuan pada periode 2021 pada gelombang pertama ini,” ungkapnya.

Dr Marjuni berharap kepada dosen pengajar dapat meningkatkan mutu dan memotivasi seluruh peserta PPG untuk melakukan pendalaman dan pengayaan paedagogik dan profesional agar supaya bisa mencapai titel sebagai guru profesional.

“Dosen tidak boleh kehilangan strategi dalam mentransformasikan ilmu karena ini merupakan tanggun jawab umat,” pungkasnya di hadapan para peserta dan dosen.

Sumber: 

https://sivitas.id/2021/11/lptk-uin-alauddin-review-soal-try-out-ppg-bagi-peserta-retaker/