FTK Online -
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar kembali menggelar salah
satu kegiatan penting dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan,
yaitu Asesmen Lapangan dalam rangka Akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa
Arab oleh tim asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan (LAMDIK).
Kegiatan ini merupakan salah satu tahapan
kunci dalam proses Akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang
berlangsung selama dua hari, mulai dari tanggal 17-18 November 2023.
Proses Asesmen Lapangan ini dipandu oleh dua
asesor berpengalaman LAMDIK, Dr. Anin Nurhidayati, M.Pd.I. (Asesor 1), dan Dr. Danial
Hilmi, S.Hum., M.Pd. (Asesor 2). Peran keduanya dalam mengevaluasi dan
memberikan rekomendasi terkait akreditasi program studi Pendidikan Matematika
di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terbilang sangat krusial.
Pembukaan assesmen Lapangan yang bertempat di Aula Rapat Senat Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dihadiri oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Wakil-Wakil Dekan semua Bidang, Ketua dan Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Dosen/Tenaga Kependidikan, staf administrasi, Lembaga Penjaminan Mutu Universitas, Komite Penjaminan Mutu Fakultas, Gugus Penjaminan Mutu Jurusan, Tim Borang Pendidikan Bahasa Arab, stakeholder, alumni, dan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab, dan pihak-pihak terkait.
Dr. Anin Nurhidayati, M.Pd.I., selaku Asesor 1
mengapresiasi kerja tim borang dalam mempersiapkan laporannya dengan bekerja all-out
demi mencapai dan memenuhi target-target yang diinginkan. “Asesmen Lapangan merupakan
kegiatan yang berfungsi untuk meningkatkan mutu prodi maupun universitas,
sehingga memerlukan kerja yang maksimal dan sepenuh hati.”
“Tim asesor hanya datang mengecek dan
memverifikasi lampiran-lampiran kecil dari data laporan yang dikirim” lanjutnya.
Pada hari pertama Asesmen Lapangan difokuskan
pada serangkaian wawancara dengan berbagai unit terkait program studi
Pendidikan Bahasa Arab, seperti; Pimpinan Fakultas dan LPM, Mahasiswa,
Stakeholder dan alumni, serta dosen dan tenaga kependidikan pada program studi
Pendidikan Bahasa Arab.
-Margono Setiawan-