Visi

"Pusat Pengembangan dan Transformasi Pendidikan Islam yang Terintegrasi, Berdimensi Multiliterasi, dan Berdaya Saing Nasional Berbasis Peradaban Islam pada Tahun 2029"

Misi

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan merumuskan misi sebagai berikut:
  1. Melaksanakan pendidikan dan pembelajaran, penelitian yang terpublikasi, dan pengabdian kepada masyarakat berbasis mutu dalam keilmuan dan keislaman;
  2. Mengembangkan ilmu-ilmu kependidikan dan keguruan yang integratif dan holistik;
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing dengan mengedepankan pengembangan akhlak mulia dan sikap ilmiah;
  4. Mengembangkan jaringan kemitraan dengan lembaga-lembaga terkait, baik nasional maupun internasional;
  5. Meningkatkan mutu layanan administrasi, akademik, dan kemahasiswaan berdimensi multiliterasi;
  6. Menyelenggarakan layanan peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional serta layanan yang berkenaan dengan kebutuhan masyarakat.

Tujuan


Berdasarkan visi dan misi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar di atas, maka dirumuskan tujuan sebagai berikut:
  1. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berdimensi multiliterasi dan akhlak mulia; (M.1, 3, dan 5)
  2. Meningkatkan publikasi ilmiah yang berorientasi pada pengembangan ilmu kependidikan dan keguruan yang integratif dan holistik pada level nasional dan internasional; (M.1 & 2)
  3. Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme SDM dalam pelaksanaan tugastugas pendidik dan tenaga kependidikan; (M.3)
  4. Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana, akses, dan pendayagunaan sistem informasi manajemen dalam menunjang layanan akademik; (M.5)
  5. Menyediakan pendanaan yang memadai untuk layanan pendidikan yang dikelola dan dilaporkan dengan prinsip berkualitas, akuntabel, transparan, efektif, dan efisien sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku; (M.5)
  6. Membentuk mahasiswa yang bertakwa, berakhlak mulia, cerdas, kritis, kreatif, bertanggung jawab, memiliki kemampuan multiliterasi, dan berdaya saing; (M.3)
  7. Memperluas kerja sama dengan lembaga, baik nasional maupun internasional dalam kerangka tridarma perguruan tinggi dan promosi kelembagaan; (M.4)
  8. Menyiapkan layanan pelatihan, pendampingan, konseling, dan asesmen yang berkenaan dengan kebutuhan masyarakat. (M.6)