PERSIAPAN INTENSIF PRODI PIAUD FTK JELANG ASESMEN LAPANGAN LAMDIK

  • 13 Mei 2024
  • 11:11 WITA
  • Margono Setiawan, S.S.
  • Berita

FTK Online – (13/05/2024) Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menjadi salah satu prodi dari FTK yang kini tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi Asesmen Lapangan (AL) guna mencapai Akreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri (LAMDIK). Asesmen Lapangan merupakan langkah penting untuk menilai kualitas program studi serta proses pendidikan yang dilakukan oleh PIAUD, terlebih ini adalah kali pertama prodi PIAUD melaksanakan asesmen.

Ketua Prodi PIAUD, Eka Damayanti, S.Psi., M.A., mengatakan bahwa persiapan ini dilakukan secara intensif oleh seluruh civitas PIAUD, terutama dalam memperbaiki berbagai komponen, mulai dari kurikulum, fasilitas belajar mengajar, hingga tenaga pengajar.

“Kami ingin memastikan bahwa prodi PIAUD memberikan pendidikan terbaik bagi para mahasiswa,” ujarnya.

Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan terus berusaha menungkatkan kualitas, dan Asesmen Lapangan dari Lamdik menjadi momentum bagi prodi PIAUD untuk meraih standar yang lebih baik ke depannya.

Prodi PIAUD juga telah melakukan berbagai langkah strategis dengan menjalin kerjasama dengan berbagai institusi terkait, mengadakan pelatihan bagi tenaga pengajar, serta meningkatkan fasilitas penunjang seperti kelas kelompok bermain dan penitipan anak yang menjadi tempat praktik bagi mahasiswa prodi PIAUD itu sendiri.

Prof. Dr. H. Suyadi, M.A. dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan Dr. Fetty Ernawati, S.Psi., M.Pd., dari UIN Raden Mas Said Surakarta, akan bertandang sebagai Asesor pada Asesmen Lapangan Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar pada 14-15 Mei 2024 nanti.

Diharapkan dengan persiapan yang matang ini, Prodi PIAUD dapat melewati Asesmen Lapangan dengan baik dan mendapatkan penilaian yang memuaskan dari Lamdik. Hal ini diharapkan dapat menjadi dorongan untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran PIAUD.

 

Oleh: Margono Setiawan