GURU MADRASAH DONGGALA IKUTI WORKSHOP PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS DEEP LEARNING

  • 07 Oktober 2025
  • 05:42 WITA
  • Administrator
  • Berita

FTK Online Palu (07/10/2025) Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama RI bersama Komisi VIII DPR RI, berkolaborasi dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Alauddin Makassar, menggelar Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Deep Learning di Swiss-Belhotel Silae Palu, Sulawesi Tengah.

Kegiatan ini diikuti oleh guru-guru madrasah dari Kabupaten Donggala, dengan tujuan meningkatkan kemampuan guru dalam merancang perangkat pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan pendekatan deep learning — yaitu pembelajaran yang mendorong peserta didik berpikir kritis, kreatif, dan reflektif terhadap konsep yang dipelajari.

Workshop dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, Dr. Andi Achruh A.B. Passiringi, M.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau menegaskan pentingnya perubahan paradigma dalam merancang pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan karakter dan kemampuan berpikir mendalam peserta didik.

“Mari kita jadikan workshop ini sebagai momentum penting untuk mengubah desain pengajaran kita, demi melahirkan generasi pembelajar yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga berkarakter kuat dan siap menghadapi masa depan,” ungkap Dr. Andi Achruh.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber utama, Bapak Matindas J. Rumambi, S.Sos., Anggota Komisi VIII DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Sulawesi Tengah, yang memberikan paparan bertemaPembelajaran Berbasis Deep Learning”. Dalam materinya, beliau menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, lembaga pendidikan, dan guru dalam menciptakan inovasi pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan zaman.

Selain sesi pemaparan materi, kegiatan ini juga diisi dengan pendampingan penyusunan perangkat pembelajaran yang difasilitasi oleh akademisi dari FTK UIN Alauddin Makassar, yaitu:

• Dr. Muh. Rapi (Wakil Dekan I FTK),

• Dr. Nursalam (Kaprodi Pendidikan Matematika), dan

• Ahmad Ali, M.Pd. (Ketua KPM FTK).

Melalui kegiatan ini, para guru madrasah diharapkan mampu menyusun perangkat pembelajaran berbasis deep learning yang interaktif, kontekstual, dan berorientasi pada penguatan karakter peserta didik, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah secara berkelanjutan.