FTK Online – Demi
meningkatkan kepuasan publik akademika terhadap pelayanan kampus, maka pada hari
Senin, 11 Desember 2023, UIN Alauddin Makassar menyelenggarakan seminar
nasional bertema “Pola Pikir & Komunikasi dalam Peningkatan Layanan Publik”.
Kegiatan yang bertempat di gedung Auditorium Kampus
II UIN Alauddin Makassar merupakan salah satu kegiatan yang menjadi agenda
kerja wakil rektor bidang akademik. Seminar nasional ini dihadiri oleh praktisi
komunikasi publik, wakil rektor bidang akademik, dosen/tenaga pendidik perwakilan
tiap fakultas, dan mahasiswa.
Pembicara yang menjadi sorotan pada seminar tersebut
adalah om Bagus, seorang pakar komunikasi pelayanan publik dan juga seorang
dosen dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas PTIQ Jakarta.
Om Bagus, atau yang bernama asli Dr. Tubagus
Wahyudi, S.T., M.Si., MCHt., CHI., telah memiliki pengalaman puluhan tahun di
bidang komunikasi pelayanan publik. Tidak saja sebagai pakar komunikasi namun
beliau juga menjadi praktisi hipnoterapy yang telah melalang-buana diberbagai
instansi dan perguruan tinggi, dan pernah berkarir di dunia entertainment dan
penyiaran Indonesia.
Dalam presentasinya, pria yang akrab disapa
om Bagus ini memberikan wawasan yang mendalam mengenai pentingnya peningkatan
pelayanan publik terutama di era digital. Tidak hanya itu, penulis buku The
Secret of Public Speaking Mastery; Pengalaman, Pemikiran, Uji Coba dan Hasil
Kerja Sejak 1990, juga memberikan strategi-strategi yang dapat diterapkan
untuk mencapai peningkatan pelayanan publik.
Seminar Nasional ini menyoroti pentingnya
pelatihan dan pendidikan bagi pada akademisi utamanya staf dalam pelayanan
publik agar mereka mampu berkomunikasi dengan baik dan memberikan pelayanan
yang memuaskan bagi mahasiswa dan masyarakat.
Melalui seminar nasional ini diharapkan agar
para peserta dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan serta pemahaman yang
mendalam dalam menggunakan komunikasi sebagai alat untuk meningkatkan pelayanan.
Peserta juga diharapkan dapat mengimplementasikan wawasan baru tersebut dalam
lingkungan sekitar mereka.
Melalui seminar ini, semoga memberikan hasil
dan kontribusi positif dalam upaya UIN Alauddin untuk meningkatkan kualitas
layanan publik di perguruan tinggi.
Oleh: Margono Setiawan