FTK Online – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Fakultas, tenaga kependidikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengikuti public service training. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan baru dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum.
Permata Indah Resort Bili-Bili Kabupaten Gowa, menjadi saksi terselenggaranya kegiatan pelatihan yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan, Kepala Biro AUPK, Dekan FTK, para Wakil Dekan FTK, Dosen, dan Tenaga Kependidikan.
Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari, yaitu Sabtu-Minggu (17-18/2/2024), Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Dr. H. Andi Aderus, Lc., M.A., Kepala Biro AUPK, Drs. Suleman, M.Pd., Dr. Ahmad Afiif, S.Ag., M.Si., dan Dr. Nursalam, M.Pd., di daulat menjadi Narasumber.
Dalam kegiatan pelatihan ini, para tenaga kependidikan diberikan pemahaman tentang pentingnya komunikasi yang efektif, penanganan konflik, manajemen waktu, serta etika dalam pelayanan publik. Mereka juga diberikan pengetahuan tentang regulasi kebijakan terkait pelayanan publik di lingkungan kampus.
Selain itu, pelatihan ini, para tenaga kependidikan diberikan pelatihan mengenai etika pelayanan publik, komunikasi efektif, manajemen konflik, dan peningkatan keterampilan dalam memberikan pelayanan yang ramah dan profesional. Para tenaga kependidikan juga diberi kesempatan untuk berkolaborasi dan bertukar pengalaman dengan sesama tenaga kependidikan. Hal ini diharapkan dapat memperluas wawasan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di seluruh fakultas.
Setelah mengikuti pelatihan ini, para tenaga kependidikan diharapkan mampu memberikan pelayanan yang lebih profesional, responsif, dan ramah kepada semua pihak yang membutuhkan. Dengan demikian, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum serta mampu menjadi contoh bagi Fakultas lain dalam memberikan pelayanan yang terbaik. (MS)
Oleh: Margono Setiawan