FTK UIN ALAUDDIN GELAR WORKSHOP PENYAMAAN PERSEPSI DOSEN PEMBIMBING, KOORDINATOR SEKOLAH DAN GURU PAMONG PLP 2 TAHUN 2025

  • 07 Juli 2025
  • 11:09 WITA
  • Administrator
  • Berita

FTK Online – Samata (06/07/2025) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menyelenggarakan Workshop Penyamaan Persepsi Dosen Pembimbing, Koordinator Sekolah, dan Guru Pamong Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 Tahun 2025 pada Sabtu, 5 Juli 2025. Kegiatan yang berlangsung secara luring melalui Zoom dan offline di Aula Rapat Senat FTK UIN Alauddin Makassar.

Workshop ini secara resmi dibuka oleh Dekan FTK, Dr. H. Andi Achruh, M.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya penyamaan persepsi antara dosen pembimbing dan guru pamong agar pelaksanaan PLP berjalan terarah, efektif, dan memberikan dampak maksimal dalam pembentukan kompetensi mahasiswa calon guru.


Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini yaitu; Wakil Dekan I Bidang Akademik FTK, Dr. H. Muhammad Rapi, M.Pd., dan Ketua Jurusan Pendidikan Matematika, Dr. Nursalam, S.Pd., M.Si. Keduanya memberikan pemaparan mengenai teknis pelaksanaan PLP, peran dosen pembimbing dan guru pamong, serta mekanisme pembimbingan dan evaluasi mahasiswa selama berada di lapangan.


Ketua Panitia Pelaksana, Syahriani, S.Pd., M.Pd., dalam penjelasannya, menyampaikan bahwa PLP 2 tahun 2025 akan dilaksanakan secara offline selama empat puluh lima hari (45 hari) ke depan, dengan cakupan wilayah yang luas. Tidak hanya terbatas di Sulawesi Selatan, pelaksanaan PLP juga menjangkau beberapa wilayah di luar Sulawesi seperti Yogyakarta, Bandung, Malang, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Jangkauan lokasi PLP tahun ini cukup luas seperti pelaksanaan sebelumnya karena kita memiliki mitra sekolah di beberapa tempat tersebut, sehingga kami menyiapkan koordinasi yang matang, termasuk bimbingan daring dan penyesuaian teknis dengan sekolah mitra,” ungkap Ketua Jurusan Pendidikan Biologi tersebut.

Workshop ini menjadi langkah awal yang strategis dalam memastikan kelancaran pelaksanaan PLP 2, sekaligus wujud komitmen FTK dalam mencetak calon pendidik yang unggul, adaptif, dan siap mengabdi di berbagai wilayah Indonesia.

 

Oleh: Margono Setiawan