TINGKATKAN KESIAPAN DOSEN JELANG ERA DIGITALISASI, PRODI PPG GELAR REFRESHMENT

  • 27 Juni 2024
  • 09:36 WITA
  • Margono Setiawan, S.S.
  • Berita

FTK Online – Jelang periode perkuliahan baru pada 1 Juli 2024, program studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar melaksanakan serangkaian kegiatan penunjang, seperti kegiatan Refreshment Dosen Pendalaman Materi yang digelar pada 26 Juni 2024 lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gedung PPG Kampus III UIN Alauddin Makassar ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, seperti Rektor UIN Alauddin Makassar yang pada hari itu diwakili oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Prof. Dr. H. Kamaluddin Abunawas, M.Ag., Dekan FTK, para Wakil Dekan, para Ketua dan Sekretaris prodi PPG, serta Dosen pengampu mata kuliah program PPG.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. H. Andi Achruh, M.Pd.I., dalam sambutannya menekankan bahwa PPG dalam jabatan batch 1 pada tahun ini hanya mencakup mata pelajaran PAI, dimana sumber dananya berasal dari pemerintah daerah masing-masing.

“Koordinasi dengan Kanwil Provinsi sangat penting untuk memastikan kesuksesan program ppg ini.” Ujarnya.

Mantan Kepala unit P2B ini juga menambahkan bahwa prodi PPG akan segera diakreditasi dan ini menjadi perhatian penting untuk mencapau akreditasi unggul.

Sementara itu Direktur PAI Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI, Dr. M. Munir, S.Ag., M.Ag., dan Panitia Nasional Program PPG, Dr. H. Abdul Rozak, M.Si., yang dihadirkan sebagai narasumber pada kegiatan ini membahas mengenai kecerdasan AI (Artificial Intelligence).

Dr. M. Munir, S.Ag., M.Ag., selaku Direktur PAI Dirjen PAI mengatakan, “Kami berharap UIN Alauddin bisa menjadi magnet pendidikan yang luar biasa dan dapat mencapai tingkat kelulusan 100 persen”.

Beliau juga mengapresiasi pencapaian UIN Alauddin Makassar yang berhasil mencapai pendanaan APBD yang tinggi berkat koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah, serta membahas kebijakan PPG dalam jabatan dan isu strategis tahun 2024.

Sementara itu, Dr. H. Abdul Rozak, M.Si., membahas pentingnya PPG sebagai benteng terakhir perbaikan kualitas guru. Beliau juga menyinggung edukasi pedagogi, era digital, evaluasi program PPG, serta regulasi dan kebijakan terkait program PPG.

Dengan adanya kegiatan refreshment ini, diharapkan agar para dosen dapat meningkatkan pemahaman dan kesiapan dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital, serta memperkuat koordinasi dengan pemerintah daerah untuk mendukung kelancaran program PPG di UIN Alauddin Makassar.

 

Oleh: Margono Setiawan