FTK UIN-AM GELAR PEMBEKALAN PLP 2 BAGI MAHASISWA

  • 10 Oktober 2024
  • 07:13 WITA
  • Margono Setiawan, S.S.
  • Berita

FTK Online – Bertempat di Aula Gedung PPG Alauddin, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar kegiatan pembekalan Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 yang berlangsung pada Kamis (10/10/2024). Kegiatan ini diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai 9 program studi di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Kegiatan pembekalan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai dunia pendidikan di sekolah, serta membekali mereka dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam praktik mengajar. Dalam acara tersebut, materi pembekalan disampaikan oleh wakil dekan 1 bidang akademik, Dr. H. Muh. Rapi, M.Pd.I., dan Ketua Prodi Pendidikan Manajemen Pendidikan (MPI), Dr. Ahmad Afiif, M.Si., sebagai praktisi pendidikan yang berpengalaman.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Dr. H. Muh. Rapi, M.Pd.I., yang mewakili Dekan FTK, menyampaikan pentingnya pengalaman lapangan bagi mahasiswa.

“Kegiatan ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mempersiapkan mahasiswa menjadi pendidik yang profesional. Melalui PLP, mahasiswa dapat belajar langsung dari pengalaman di sekolah, memahami dinamika kelas, serta berinteraksi dengan siswa dan guru,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga dilengkapi dengan sesi diskusi dan tanya jawab, yang memungkinkan mahasiswa untuk menggali lebih dalam mengenai tantangan yang dihadapi dalam dunia pendidikan.

Sementara itu, narasumber kedua, Ahmad Afiif, juga berbagi pengalaman dan pandangan mengenai praktik mengajar yang efektif di sekolah yang dapat diterapkan oleh mahasiswa ke depannya.

Pembekalan PLP 2 diharapkan dapat membentuk karakter dan kompetensi mahasiswa, sehingga mereka siap terjun ke dunia pendidikan dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Melalui kegiatan ini diharapankan agar semua mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang didapat selama pembekalan dalam kegiatan praktik mereka di sekolah nantinya.

 

Oleh: Margono Setiawan